Tutorial Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Dengan adanya Google Form, maka aktivitas seperti pekerjaan ataupun sekolah dalam proses untuk membuat serta mengumpulkan data yang dibutuhkan dapat dimudahkan. Karena, data formulir maupun kuesioner dijamin keamanannya serta semua data yang sudah dibuat secara otomatis akan tersimpan pada Google Drive.

10 Langkah Cara Membuat Google Form

tutorial cara membuat google form

Ada beberapa langkah cara membuat Google Form, yaitu:

  1. Langkah yang pertama untuk membuat Google Form yakni, anda harus memiliki akun Google, jika anda sudah memiliki akun di Google, maka anda dapat mengakses Google Form melalui menu pada Google Drive. Selanjutnya anda klik New pada bagian sebelah kiri atas. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan pada layanan Google, anda pilih Google Forms, maka anda sudah dapat memulai untuk membuat Google Form sesuai dengan keperluan anda.
  2. Apabila anda sudah berhasil masuk, maka langkah yang selanjutnya anda tentukan tujuan dari membuat formulir. Jika sudah menentukan tujuan anda dapat memberi judul formulir serta deskripsi yang akan mewakili dari tujuan formulir.
  3. Setelah itu, anda buat pertanyaan untuk mendata jawaban yang anda butuhkan. Ada beberapa jenis jawaban yang dapat anda pilih, seperti untuk jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal, waktu atau jam, unggah file, dan yang lainnya. Hal tersebut tentunya tergantung dari keinginan anda untuk jenis respon dari pengisi formulir.
  4. Apabila sudah menentukan dan memilih jenis jawaban yang sesuai, maka langkah selanjutnya anda klik icon tanda + yang berada pada bagian kanan untuk menambahkan pertanyaan baru.
  5. Anda dapat menentukan pilihan pertanyaan antara bersifat wajib atau tidak. Fitur ini dapat mempermudah anda untuk mengkoleksi informasi yang penting sesuai kebutuhan, seperti nama maupun nomor telepon. Sehingga nantinya muncul tanda bintang meraj didekat pertanyaan apabila wajib dijawab oleh pengisi formulir.
  6. Selain itu, anda juga dapat menambahkan gambar dengan cara mengklik icon. Pada pilihan ganda anda juga dapat menambahkan pilihan bebas yang dapat diisi sendiri dari pengisi formulir, yakni dengan cara mengklik add dan other.
  7. Terdapat beberapa jenis jawaban lain yang dapat anda minta kepada pengisi formulir yang sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya skala linear yang biasanya digunakan sebagai kuesioner maupun unggah file atau file upload yang digunakan unntuk meminta data seperti konten visual, video, ataupun audio.
  8. Apabila diperlukan, jangan lupa anda meminta informasi pribadi agar dapat bertukar informasi misalnya akun media sosial, email, atau nomor telepon. Anda juga dapat membagi section pertanyaan sesuai dengan keperluan anda. caranya anda klik icon yang terdapat dibagian paling bawah, setelah itu ada masukkan judul serta deskripsi baru untuk section yang baru tersebut.
  9. Setelah formulir anda selesai dibuat, maka anda dapat melakukan preview dengan cara mengklik icon mata dan halaman yang dituju akan muncul pada tab baru. Apabila anda ingin merubah tampilan formulir anda, maka anda dapat mengedit tema tampilan dengan klik icon palet cat dan pilih sesuai selera anda.
  10. Apabila anda sudah selesai membua Google Form, maka anda dapat membagikan formulir anda melalui beberapa media misalnya seperti email atau link Google Drive. Caranya yaitu anda klik tombol send yang berada dibagian kanan atas, setelah itu akan muncul pilihan membagikan formulir send via. Setelah itu anda pilih icon surat pengiriman untuk email atau icon rantai untuk bentuk link atau tautan.

Bagi anda yang belum mengetahui cara membuat Google Form, mungkin beberapa langkah diatas dapat membantu anda.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *