Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 10 Pasti Berhasil

Sering kali kita merasa memori yang kita dapatkan secara langsung dari pc ataupun laptop kita masih belum cukup untuk menampung aktivitas digital kita. Namun, dengan bootable flashdisk kita bisa secara fleksibel memiliki memori yang dengan mudah dibawa kemana saja dan menjadi tambahan ekstra memori pc ataupun laptop kita. Berikut Langkah-langkah membuat memori ekstra tersebut.

Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 10

Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 10

Dalam membuat bootable Flashdisk windows 10 memiliki 2 cara yaitu :

  1. Cara membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan media creation Tool
  2. Masukkan flashdisk ke laptop atau Pc
  3. Download aplikasi Media Creation tool, lalu gunakan aplikasi tersebut untuk membuat Bootable Flashdisk.
  4. Setelah membuka aplikasi media Creation, lalu klik Accept.
  5. Setelah mengklik Accept maka akan muncul pilihan Upgrade this Pc now dan Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC. Lalu, klik ikon create for another media untuk menuju ke tahap selanjutnya.
  6. Untuk Bahasa, edisi dan arsitektur akan menyesuaikan dengan windows 10 yang sudah diinstal di perangkat anda. Anda bisa merubah Bahasa, edisi dan arsitektur sesuai yang anda butuhkan. Setelah sesuai anda bisa langsuk klik Next.
  7. Akan muncul pilihan USB flash drive dan ISO file lalu anda klik USB flash drive lalu klik Next.
  8. Pastikan flashdisk anda terbaca, lalu klik next
  9. Proses pembuatan bootable flashdisk akan dimulai. Pertama tool akan mendownload windows 10 lalu akan mengekstraknya ke flashdisk. Saya sarankan untuk menggunakan internet dengan kecepatan 10 Mbps untuk proses ini agar waktu yang dibutuhkan cepat sekitar 37 menit.
  10. Setelah itu klik finish.

Proses Pembuatan Bootable flashdisk Windows 10 pada aplikasi Rufus

  1. Untuk Langkah pertama, siapkan file ISO Windows 10 dan flashdisk dengan ukuran minimal 4GB untuk system operasi Windows 32bit dan 8GB untuk yang 64bit. Sesuaikan lah spesifikasi yang Anda miliki agar tidak terjadi error.
  2. Kemudian, silahkan download Rufus. Software ini adalah aplikasi yang bisa anda gunakan di komputer mana pun karena sifatnya yang portable.
  3. Lalu, jalankan Rufus dengan tampilan yang memperlihatkan nama alat, skema, file system dan ukuran flashdisk anda.
  4. Klik ikon yang terdapat logo disk dan memori dan pilih file ISO Windows 10.
  5. Langkah selanjutnya adalah menentukan skema partisi dan tipe target system yang mana sangat sakral dilakukan agar tidak terjadi error pada saat pembacaan flashdisk di komputer.
  6. Pada umumnya, untuk menu partisi dan target system, pilihlah MBR partition scheme for UEFI. Kemudian, berikan nama pada flashdisk Anda semisal, Windows 10 English 64bit yang mana nantinya jenis bit Windows sesuai dengan ukuran flashdisk Anda. Setelah itu, klik instalasi Windows yang standard daripada Windows To Go.
  7. Klik start pada pembuatan bootable flashdisk Windows 10 dan tunggu hingga proses selesai.
  8. Jika tidak ada halangan berarti, maka proses pembuatan bootable flashdisk telah selesai dan anda bisa langsung menutup aplikasi rufus dan menggunakan flashdisk anda sebagai memori ekstra untuk penyimpanan data Anda.

Informasi diatas sekaligus mengakhiri tips untuk melancarkan proses pembuatan bootable flashdisk Anda. Langkah ini sangatlah berguna untuk Anda karena Anda bisa memiliki penyimpanan ekstra untuk kepentingan data-data Anda.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *