Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Classroom

Anda pusing dan bingung memikirkan cara untuk mengajar siswa secara daring? Pada era modern ini, google classroom hadir sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Google classroom semakin populer di tengah-tengah masa pandemi. Kemampuanya yang memungkinkan guru dan siswa melakukan kegiatan belajar membuat akses belajar menjadi lebih mudah. Dengan google classroom, siswa dapat berpatisipasi di kelas yang telah dibuat oleh para guru dan guru pun bisa dengan mudah memberikan materi saat pembelajaran dan tugas baik saat pelajaran maupun setelah pembelajaran selesai dan mengatur nilai dengan sangat mudah. Google Classroom biasanya digunakan oleh guru dan dosen kepada siswa SMP, siswa SMK/SMA serta mahasiswa.  Berikut cara-cara untuk membuat google classroom dengan sangat mudah.

Cara Membuat Google Classroom

Cara Membuat Google Classroom

  1. Download Aplikasi

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah jika anda mengakses aplikasi tersebut melalui smartphone, download aplikasinya di Play Store atau langsung masuk ke aplikasi tersebut melalui PC anda yang sudah membawa aplikasi bawaan.

  1. Login

Setelah masuk ke aplikasi, pilih akun surel google yang anda miliki untuk bias masuk ke halaman home Google Classroom. Caranya cukup dengan mengklik ikon sign in pada halaman Google Classroom.

  1. Create Google Classroom

Di halaman home Google Classroom akan ada pilihan join/create setelah anda menekan ikon +. Jika anda berposisi sebagai guru, silahka pilih create untuk membuat Google Classroom. Lalu, sejumlah kotak akan muncul yang perlu diisi seperti nama kelas, section, subject dan ruangan. Untuk bagian section, section adalah detail dari kelas yang perlu ditambahkan. Subject adalah mata pelajaran yang dapat siswa lihat akan pelajaran apa yang sedang mereka pelajari, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia atau pelajaran lainnya yang akan anda butuhkan. Untuk room, Anda bisa menulis kelas 9A, 9B, 9C dan seterusnya sesuai denggan kelas yang Anda hadiri dan anda buat.

  1. Kode Google Classroom

Setelah kelas dibuat, kode kelas akan secara otomatis digenereasi yang mana dapat anda sebar dan bagikan kepada siswa-siswa anda. Dengan memasukan kode ini di aplikasi Google Classroom, siswa dapat berpatisipasi di kelas yang telah Anda buat setelah anda memberikan ijin kepada siswa tersebut untuk join ke google classroom yang anda buat.

  1. Cara memberikan tugas dan nilai

Setelah kelas dibuat, sebagai guru, Anda harus bisa memberikan tugas yang akan di kerjakan oleh siswa nantinya. Pada bagian Classwork, materi pembelajaran, tugas ataupun kuis dapat anda masukan. Agar bisa lebih efektif dan efisien, anda bisa membuat file materi dan kuis tersebut dalam satu file, dengan mengklik ikon Add. Lalu, klik assign untuk menyelesaikan proses unggah materi ataupun soal anda. Untuk nilai dan tenggang waktu yang digunakan sebagai deadline tugas, anda bisa mengaturnya sedemikian rupa dengan mengklik ikon Ask.

Demikian, informasi krusial perihal cara membuat Google Classroom. Aplikasi tersebut sangatlah membantu proses pembelajaran siswa dan efekitifitas siswa dalam belajar dan membuat para siswa mengenal hal baru seputar perkemangan teknologi. Selain google classroom dapat dibuka melalui Handphone, google classroom dapat diakses melalui computer dan laptop yang anda miliki atau para siswa miliki Dengan mempelajari teknis aplikasi tersebut, masalah-masalah seputar pengoperasiannya tidak akan menjadi penghalang yang berarti bagi para guru yang akan melaksanakan kegiatan belajar.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *