Cara Membuat Aplikasi Input Data di Android

Aplikasi input data bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti, input data keuangan, pendaftaran anggota dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga berfungsi untuk memasukkan serta mengedit text yang berupa kolom input. ketika kita login pada aplikasi media social seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, akun Google atau yang lainnya, maka kamu bisa menggunakan aplikasi input data.

Cara Membuat Aplikasi Input Data di Android

Cara Membuat Aplikasi Input Data di Android

Oke, sekarang kita mulai untuk membuat aplikasi input data. Langkah-langkah yang harus kalian lakukan antara lain yaitu:

  1. Created New Project

Step pertama adalah kita buat project terlebih dahulu. Sebagai contoh disini, kita akan menggunakan nama project yaitu “Form Data”. Lalu biarkan yang lainnya default, baru kemudian kamu klik next hingga finish.

  1. Import butter knife dan material library

Step-stepnya yaitu:

  • Silahkan kamu klik build.grade.
  • Kemudian masukkan kode yang ada ke dalam dependencies, dan klik sync now.
  • Tunggu hingga proses import tersebut berhasil.
  • Pastikan kamu terhubung dengan koneksi internet yang stabil.
  1. Edit Layout Pada activity_main.xml

Step berikutnya atur tampilan aplikasi dengan cara kamu masuk ke activity_main.xml. Disini kita akan membuat 5 kolom isian dengan 5 view Material Edit Text, kemudian 1 view button serta beberapa text view untuk menampilkan hasil data di bawahnya.

Dalam step ini view group yang kita gunakan yaitu Linear Layout, dengan sistem nested view group. Hal ini akan sesuai dengan keinginan yang kita kehendaki. Selain itu pengaturannya juga cukup mudah, karena kamu bisa menggunakan attribute layout weight dengan value 1, sehingga nanti hasilnya akan terlihat sama rata.

Setelah itu kamu bisa mengganti kode default yang terdapat pada activity_main.xml. Jika kamu klik Run dengan menggunakan emulator bawaan dari Android Studio ataupun dengan memakai USB Debugging melalui real device, maka tampilannya akan terlihat pada layar.

  1. Berikan function code pada main_activity.java

Setelah kalian selesai membuat tampilan aplikasi, maka tahap selanjutnya adalah beralih ke main activity java. Hal itu berguna untuk memberikan function code. Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mengimpor fungsi butter knife atau kamu bisa membiarkan begitu saja, sebab  ketika coding bisa secara otomatis akan terimport.

Setelah itu kamu bind view untuk ID dari aplikasi edit text pada layout. Tapi, jangan lupa untuk menambahkan ButterKnife.bind (this). Kemudian pada on click kamu bisa menyalin kode yang muncul pada layar. Pada tahap ini kamu perlu mengambil setiap data/ getText() dari isian serta memunculkan hasil tersebut pada setText().

Nanti jika kamu klik Run, aplikasi berjalan maka kamu dapat menginput isian pada kolom yang tersedia pada layar, kemudian klik tombol simpan. Selamat aplikasi input data telah berhasil kamu buat.

Cara Memperkecil Ukuran PDF di Android
Cara Memperkecil Ukuran PDF di Android
Cara Memperkecil Ukuran PDF di Android – Di
Cara Bikin Aplikasi Android
Cara Bikin Aplikasi Android
Cara Bikin Aplikasi Android – Bagi kalian
Cara Mengganti Background Foto di Android
Cara Mengganti Background Foto di Android
Cara Mengganti Background Foto di Android –
Game Android Penghasil Uang
Game Android Penghasil Uang
Game Android Penghasil Uang – Pada masa

Leave a reply "Cara Membuat Aplikasi Input Data di Android"

Must read×

Top